Rabu, 12 Desember 2012

penyakit mata

Deteksi Dini Mata Minus pada Anak

Mata minus sering bersifat progresif pada masa anak-anak dan cenderung stabil ketika mereka mencapai usia 20 tahun. Untuk itu, waspadai sejak dini agar si kecil terhindar dari mata minus.

Mata Sangat Penting artinya bagi manusia.
Sekitar 80 persen informasi yang kita dapatkan berasal dari indera penglihatan. Bila terjadi gangguan pada penglihatan, maka akan terjadi juga gangguan pada kehidupan manusia.
Kelainan penglihatan (refraksi) merupakan suatu keadaan, dimana terdapat satu atau lebih struktur optik bola mata yang memperlihatkan variasi diluar nilai normal variasi biologis, namun bukan merupakan kelainan mata penyakit (congenital). Dan variasi ini bersifat individual sehingga kadang-kadang sulit unutk diprediksi sebelumnya.


Tidak semua kelainan penglihatan pada anak perlu dikoreksi.
Namun apabila kelainan ini menganggu proses perkembangan penglihatan normal, maka hal ini perlu dilakukan deteksi dini dan dilakukan koreksi. Deteksi dini dan melakukan koreksi yang tepat dapat membantu menurunkan angka gangguan penglihatan pada anak.

Jarak Membaca.
Mata minus atau seringkali juga disebut myopia, merupakan kondisi dimana pandangan kabur bila melihat jauh.
Pada kondisi myopia ini, sumbu bola mata berukuran lebih panjang dari normal, sehingga titik fokus jatuh di depan retina. Hal ini menyebabkan benda yang berjarak jauh akan nampak kabur bila dilihatnya. Gangguan myopia ini paling banyak dijumpai pada anak-anak, dan biasanya ditemukan pada waktu pemeriksaan skrining di sekolah.

Penyebab Myopia (Mata Minus).
Pada myopia yang berjenis progresif, seringkali disebabkan oleh
1. Faktor genetika dari orang tua.
2. Faktor kebiasaan seperti kondisi sering membaca atau menulis dengan jarakdekat
3. Pencahayaan yang ekstra kuat dan lama (komputer dan televisi) juga memperberat kondisi progresif dari myopia.

Gejala Mata Minus.
Anak dengan myopia sering mengeluh,
1. Kabur bila melihat benda pada jarak jauh.
2. Pusing.
3. Kelelahan pada mata.
4. Sering mendekat kepada obyek yang ingin dilihat.

Pada usia anak-anak sampai remaja, proses pemanjangan bola mata merupakan bagian dari pertumbuhan tubuh,
Pemanjangan sumbu ini menyebabkan media refraktif sulit menfokuskan berkas cahaya terfokus di depan mata. Sejalan dengan memanjangnya sumbu bola mata, derajat myopia pun akan makin bertambah.

Pertambahan derajat myopia membutuhkan kacamata yang semakin tinggi derajatnya, sehingga pertambahan minus ini tidak bisa dihindari begitu saja. Untuk itu, pada usia dini dianjurkan agar pemeriksaan diulang setiap 6 bulan sekali. Pada golongan usia antara 20-40 tahun, progresivitas myopia akan melambat dan bisa di terapi dengan cara klasik.

 Jangan Sampai Mata Buta Karena Telat Deteksi Glaukoma
Jalan sering kesandung, jatuh dan suka nabrak adalah ciri-ciri terjadinya gangguan penglihatan. Kalau cuma mata minus atau plus bisa dibantu dengan kacamata, tapi kalau sudah terkena glaukoma taruhannya mata bisa buta.

Pakar menyarankan jangan sampai mata buta akibat glaukoma karena telat dideteksi. Mata memegang peranan penting dalam hidup manusia, sebesar 83 persen informasi yang didapatkan seseorang setiap harinya berasal dari mata.

Jika seseorang mengalami masalah pada penglihatannya, maka secara otomatis hal ini juga bisa membuat kualitas hidupnya menurun.

Di Indonesia glaukoma telah menjadi penyebab kebutaan nomor dua setelah katarak. Berbeda dengan katarak yang masih bisa dioperasi, glaukoma adalah 'si pencuri penglihatan' yang tidak bisa disembuhkan karena kerusakan yang terjadi pada saraf matanya.

"Glaukoma menyebabkan kebutaan permanen dan hanya bisa dicegah dengan cara deteksi dini. Kebanyakan pasien tidak menyadari bahwa dirinya menderita glaukoma, sehingga rata-rata baru ke rumah sakit setelah mengalami kebutaan di salah satu mata atau kedua matanya. Karena itu glaukoma disebut juga sebagai 'si pencuri penglihatan'," ujar Dr Tjahjono D Gondhowiardjo, SpM(K),PhD dalam acara seminat dan deteksi dini glaukoma di Kemenkes Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (10/3/2010).

Glaukoma adalah salah satu kondisi kerusakan saraf mata yang disertai dengan berkurangnya lapangan pandang, hal ini terkait dengan beberapa faktor yang salah satunya akibat tekanan bola mata yang tinggi.

Tekanan bola mata yang normal adalah sekitar 10-21 mmHg, jika tekanan bola matanya melebihi batas itu maka berisiko terkena glaukoma yang bisa mengakibatkan kebutaan permanen.

"Kerusakan saraf yang terjadi membuat aliran cairan di mata terhambat sehingga menjadi bengkak, akibat aliran yang terganggu ini membuat tekanan bola mata menjadi tinggi," tambahnya.

Badan kesehatan dunia (WHO) menuturkan sebanyak 90 persen kasus glaukoma di negara berkembang tidak terdeteksi. Hal ini disebabkan deteksi untuk penyakit glaukoma cukup sulit dan membutuhkan peran aktif dari masyarakat serta dukungan dari pelayanan kesehatan dan pemerintah.

"Salah satu cara untuk mencegah glaukoma adalah dengan melakukan deteksi dini terutama bagi orang yang sudah berusia di atas 40 tahun. Biasanya orang yang glaukoma juga ada yang menunjukkan gejala seperti kesandung, jatuh, suka nabrak tapi hanya sedikit yang merasa sakit," ujar ketua Perdami (Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia).

Penyakit glaukoma, menurut Dr Virna dibagi menjadi dua tipe yaitu glaukoma akut (biasanya mudah terlihat) dan glaukoma kronik.

Glaukoma akut:
1. Lebih mudah terdeteksi dengan menggunakan lampu senter.
2. Tanda yang terlihat adalah lapisan kornea mata yang hitam akan berwarna keruh
3. Mata merah dan mengalami nyeri hebat yang rasanya mata seperti mau copot
4. Diikuti dengan mual dan muntah.

Penyebabnya:
1. Anatomi mata yang lebih kecil dari mata normal, diameter kornea lebih kecil dan hipermetropi (menggunakan kacamata lensa plus).
2. Pencetus lainnya yaitu emosi, obat-obatan, lensa yang menggendut (swolen lens) dan penerangan yang redup.

"Salah satu gejala untuk glaukoma akut juga bisa dilihat melalui cahaya, jika seseorang dari ruangan terang masuk ke ruang gelap dan mata terasa sakit, tapi sakitnya hilang ketika orang tersebut kembali ke ruangan yang terang. Ini bisa menjadi indikasi awal," ujarnya.

Glaukoma kronik:
1. Tidak menunjukkan gejala dan hanya bisa diketahui melalui deteksi dini.
2. Mata terlihat normal dan kerusakan saraf terjadi secara pelan-pelan sehingga tidak disadari.

Faktor risiko:
1. Ada anggota keluarga yang menderita glaukoma
2. Mengalami myopia (menggunakan lensa minus berat atau diatas minus 3)
3. Memiliki penyakit hipertensi, hipotensi, migren, gangguan vaskuler dan diabetes melitus.

Jika glaukoma bisa dideteksi lebih dini, perawatan yang diberikan bisa dengan menggunakan obat-obatan untuk menurunkan tekanan bola mata sehingga bisa mencegah kebutaan.

Tapi jika obat-obatan sudah tidak mempan, maka jalan satu-satunya adalah melalui tindakan laser atau operasi untuk membuat saluran baru agar cairan dalam bola mata bisa keluar.

"Pemeriksaan yang dilakukan untuk deteksi dini glaukoma adalah dengan alat tonometri untuk melihat tekanan bola mata dan alat ophtalmoskopi untuk melihat ada kerusakan di saraf mata atau tidak," ujar DR Dr Ike Sumantri Wiyogo, SpM, ketua Seminat Glaukoma Perdami.

Sedangkan untuk deteksi dini di puskesmas bisa menggunakan alat chiotz yang berguna untuk mengukur tekanan bola mata secara sederhana.

"Glaukoma merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan, sama seperti hipertensi atau DM yang membuat pasiennya harus mengonsumsi obat terus menerus dan harus tetap mengontrol tekanan bola matanya agar tidak naik lagi. Karena itu deteksi dini penting dilakukan," ujar dokter yang juga menjadi kepala departemen mata FKUI/RSCM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar