Sabtu, 10 November 2012

cara merawat tubuh yang baik

MERAWAT TUBUH YANG BAIK


Langkah preventif lebih menjadi prioritas untuk menyeimbangkan gaya hidup kekinian. Berbagai penyakit menjadi ancaman kesehatan dengan kondisi lingkungan yang tak menentu atau pola makan yang tak teratur. Selain diet sehat dan berbagai upaya pencegahan lain untuk menjaga tubuh tetap fit, terdapat sejumlah perawatan fisik yang juga menyehatkan. Dari penelusuran dengan sejumlah pakar, ada empat perawatan fisik yang menyehatkan sekaligus membuat perempuan merasa cantik luar dalam. 


Massage

Perkataan massage berasal dari bahasa Arab ” Maas ” yang berarti menyentuh atau meraba. Massage diambil dari bahasa Francis. Dalam bahasa Indonesia disebut pijat atau mengurut (lutut). Massage dapat diartikan pijat yang telah disempurnakan dengan ilmu-ilmu tentang tubuh manusia. Dapat pula didifinisikan dengan gerakan-gerakan tangan yang mekanis terhadap tubuh manusia dengan mempergunakan bermacam-macam bentuk pegangan atau manipulasi.

Macam - Macam Massage:

1.    Sport Massage
Adalah pijat yang dipakai dalam lapangan sport melulu. Ditujukan untuk membentuk dan memelihara kondisi badan para olah ragawan agar konstan baik.

2.    Segment Massage
lalah pijat yang dilakukan untuk mengobati beberapa macam penyakit tanpa memasukkan obat ke dalam tubuh. Ditujukan untuk meringankan atau menyembuhkan beberapa macam penyakit yang boleh dipijat.

3.    Cosmetic Massage
lalah pijat yang dipakai dalam bidang pemeliharaan kecantikan. Ditujukan untuk membersihkan dan menghaluskan kulit, juga untuk menjaga agar kulit tidak lekas mengkerut (awet muda).

Tujuan Massage Pada Umumnya:
  1. Melancarkan peredaran darah terutama peredaran darah vena (pembuluh balik) dan peredaran getah bening (air limphe).
  2. Menghancurkan pengumpulan sisa-sisa pembakaran di dalam sel-sel otot yang telah mengeras yang disebut miyogelosis (asam susu).
  3. Menyempurnakan pertukaran gas-gas dan zat-zat di dalam jaringan atau memperbaiki proses metabolisme.
  4. Menyempurnakan pembagian zat-zat makanan keseluruh tubuh. 
  5. Menyempurnakan proses pencemaan makanan.
  6. Menyempurnakan proses pembuangan sisa-sisa pembakaran (sampah-sampah) ke alatalat pengeluaran atau mengurangi kelelahan.
  7. Merangsang otot-otot yang dipersiapkan untuk bekerja yang lebih berat, menambah tonus otot (daya kerja otot), effisiensi otot (kemampuan guna otot) dan ilastisitet otot (kekenyalan otot).
  8. Merangsangi jaringan-jaringan syaraf, mengaktifkan syaraf sadar dan kerja syaraf otonomi (tak sadar).
  9. Membantu penyerapan (absorsi) pada peradangan bekas luka.
  10. Membantu pembentukan sel-sel baru atau menyuburkan pertumbuhan tubuh.
  11. Membersihkan dan menghaluskan kulit.
  12. Memberikan perasaan nyaman, segar dan kehangatan pada tubuh.
  13. Menyembuhkan atau meringankan berbagai gangguan penyakit yang boleh dipijat.


Memeriksakan kulit

Mengunjungi dermatologis menjadi salah satu agenda yang perlu dicatat perempuan untuk merawat kesehatan dirinya.Sejumlah penyakit bisa terdeteksi dari kondisi kulit luar Anda. Jadi perihal memeriksakan kesehatan kulit ke dermatologis bukan sekadar bicara kecantikan saja. "Kulit terluar merepresentasikan kondisi di dalam tubuh. Penyakit dalam seperti jantung dan kanker lambung, bisa dianalisa dari pemeriksaan kulit oleh dermatologis," jelas Dr Craig Austin, dermatolog di New York. Dr Austin menyarankan, saat memeriksakan kulit ke dermatolog sebaiknya minta screening tubuh. Karena bisa jadi proses ini bisa mendeteksi sejumlah penyakit seperti melanoma (kanker kulit yang kronis) lebih dini. Berapa kali harus periksa kesehatan kulit? Setidaknya satu tahun sekali, saran Dr Austin. 

Kecuali kondisinya Anda memiliki riwayat terdeteksi melanoma atau punya potensi atau berisiko tinggi terkena kanker kulit. Untuk dua kondisi ini, pemeriksaan di dermatologis harus dilakukan 2-3 kali dalam setahun. Sejumlah faktor yang memengaruhi risiko tinggi terkena melanoma di antaranya Anda berkulit putih, punya riwayat terbakar sinar matahari, kulit mudah terbakar, tinggal di daerah tropis, dan keluarga punya riwayat kanker kulit. Dampak jika tak rutin memeriksakan diri ke ahli dermatologi? Dr Austin mengatakan, orang ini akan berisiko mengalami kematian karena kanker kulit. Terdengar terlalu keras memang, namun demikian faktanya. Begitu kanker masuk ke bagian dalam kulit, dia bisa menyebar ke bagian lain dari tubuh.


Facial

Salah satu musuh pada wajah kita adalah jerawat. Jerawat memang sangat menjengkelkan, dan kadang selalu meninggalkan bekas. Maka dari itu banyak orang yang melakukan Facial Wajah, dan perawatan wajah lainnya untuk membersihkan wajah mereka dari jerawat dan komedo. Dengan perawatan ini diharapkan diperoleh kulit bersih, sehat dan bercahaya. Oleh sebab itu lakukan perawatan wajah dan kulit Anda jauh-jauh hari sebelum hari H sehingga hasil yang didapatkan adalah hasil yang paling maksimal. 

Misalnya dengan mengunjungi tempat lulur, spa, mandi susu dan facial yang banyak ditawarkan oleh salon-salon atau tempat-tempat perawatan kecantikan lainnya. Memang sepertinya gampang mencari salon yang melayani facial. Dari salon mewah sampai salon-salon yang tidak ada namapun dapat melayani facial. Maka itu kita harus hati-hati. Lebih baik sebelum melakukan Facial Wajah, carilah informasi sebanyak-banyaknya, salon mana yang direkomendasikan cukup baik untuk facial.

Yang harus diperhatikan:
  1. Jangan melakukan facial pada saat Anda sedang haid. Karena kulit pada saat haid cukup sensitif dan akan memberi respon negatif jika difacial.
  2. Jangan berpikir problem kulit wajah dapat segera di atasi setelah difacial. Jika wajah Anda sedang berjerawat, apalagi sampai meradang, atau iritasi karena terkelupas, hindari dulu facial. Tunggu sampai iritasi atau radang jerawat mereda.
  3. Jangan ragu menyampaikan problem kulit wajah Anda pada ahli wajah. Karena ini sangat mempengaruhi cara kerja si ahli facial. Tanyakan juga produk apa yang dipakai, siapa tahu ia mempunyai beragam pilihan yang sesuai dengan Anda.
-    Sehabis facial, kerap kali wajah terlihat merah-merah dan terlihat berlubang. Tidak usah panik. Karena itu memang efek samping dari awal perawatan. Jika tidak ada masalah kulit akan pulih kembali seperti semula dalam waktu sehari sampai dua hari.
-       Tetapi Anda juga harus berhati-hati, jangan terlalu sering facial. Karena kulit butuh waktu untuk tumbuh dan berkembang lagi. Kulit akan menjadi tipis dan sensitif jika terlalu sering difacial. Cukup sebulan atau dua bulan sekali.

Ada yang bilang bahwa, facial sering menimbulkan iritasi pada kulit. Bukannya makin bersih, malah makin parah keadaannya. Memang kita harus berhati-hati jika ingin facial. Jangan pernah tergiur dengan harga yang murah. Lebih mahal bayarannya, maka lebih bagus juga hasilnya. Resiko facial memang lebih besar. Tetapi sebaiknya, jika Anda sering mempunyai masalah pada kulit wajah, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada seorang dokter muka. Apakah ada obat lain yang dapat mengatasi masalah wajah Anda, sehingga Anda tidak perlu facial.


Memeriksakan gigi

Dengan memeriksa gigi anda secara berkala akan membuat gigi lebih putih, senyum lebih menarik  serta menjaga kesehatan mulut. Menurut para ahli, mulut sehat akan memberikan efek positif pada kondisi secara keseluruhan. Selain itu dapat memberikan nutrisi yang baik karena gigi dan gusi yang sehat dapat mengunyah makanan dengan baik. Biasanya para dokter gigi menganjurkan setiap 6 bulan sekali dalam setahun untuk memeriksakan gigi. Selain itu perawatan di rumah juga diperlukan. Rawat gigi dengan gosok dan floss secara teratur. Floss sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi. 

Para ahli menganjurkan untuk menggunakan floss terlebih dahulu baru sikat gigi setiap malamnya. Makan buah dan sayuran juga sangat penting. Hindari makanan manis, alkohol, rokok atau kopi.Tidak rawat gigi secara teratur dapat memberikan kontribusi yang buruk. Bagi mereka yang beresiko penyakit jantung harus memperhatikan kesehatan mulut karena bakteri di dalam mulut menyebar lewat aliran darah. Efek negatif lainnya gusi akan membengkak akibat timbunan yang tidak dibersihkan secara teratur. Jika masalah ini tidak cepat ditangani akan menyebabkan gigi tanggal.
 
 
makan p
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar