Sabtu, 10 November 2012

HEPATITIS

Jambi, GATRAnews - Dinas Kesehatan Kota Jambi menyatakan bahwa Jambi berada pada Kejadian Luar Biasa (KLB) hepatitis, setelah ditemukan 80 siswa sekolah yang diduga kuat terinveksi virus berbahaya tersebut.


"Bisa dikatakan seperti itu (KLB hepatisi, Red.), mengingat sudah banyak laporan yang masuk. Kami akan melakukan investigasi kesehatan lebih lanjut," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Polisman Sitanggang, ketika dihubungi Antara di Jambi, Selasa (6/11).








                                                                                                                                                                     Menurut Sitanggang, dari hasil laporan sementara dokter dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) ada 80 siswa sekolah yang sudah memeriksakan diri. Di mana sebagian diantaranya diketahui positif hepatitis A. Tidak hanya itu, virus tersebut diketahui menjangkiti beberapa siswa SD 47 dan enam orang dari SMP Xaverius Kota Jambi.

Untuk mengetahui awal penyebaran virus tersebut, Dinkes Kota Jambi sebelumnya telah memeriksa dua orang pedagang makanan dan minuman di lingkungan SD 47. Pemeriksaan itu meliputi pengecekan darah, karena diduga kuat penyebaran virus hepatitis disebabkan oleh makanan atau minuman yang sebelumnya terkontaminasi hepatitis.

"Saat ini masih dalam pengecekan laboratorium, belum bisa diketahui hasilnya. Kami juga telah melakukan pertemuan dengan pihak sekolah, perwakilan orang tua siswa dan Dinkes Provinsi Jambi. Pada intinya adalah memberikan penyuluhan kesehatah, penerapan pola hidup bersih dan sehat agar hepatitis tidak menyebar," jelas Sitanggang.

Tak hanya itu, Dinkes Kota Jambi juga berencana melakukan pengecekan darah secara bagi pedagangan makanan dan minuman di sekitar sekolah. Hal itu untuk mengantisipasi penularan penyakit yang disebabkan oleh penularan melalui makanan atau minuman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar