Rabu, 14 November 2012

meningkatkan nafsu makan

meningkatkan Nafsu Makan Saat Sakit

Saat kita jatuh sakit, biasanya ada rasa kemalasan tersendiri saat meyantap makanan. Bagaimana tidak, semua makanan yang masuk dalam mulut kita terasa pahit dan hambar karena kondisi kita yang memang sakit.

Padahal, makanan sangat berpengaruh besar dalam usaha untuk memulihkan kondisi tubuh agar cepat sembuh, Penelitian membuktikan bahwa orang yang makan teratur dengan gizi yang cukup maka akan dimungkinkan lebih cepat sembuh jika dibandingkan dengan orang yang tidak makan.
Jika kita sakit, namun nafsu makan tidak kunjung ada, ada beberapa tips bagaimana untuk meningkatkan nafsu makan kita, simak yang berikut ini :
1. Hindari Gorengan dan santan
Makanan jenis ini akan menimbulkan sensasi mual dan muntah. Begitu juga dengan makanan yang mengandung banyak bumbu.
2. Sajikan Makanan dengan tampilan menarik
Sajian yang menarik akan meningkatkan nafus makan, tidak percaya? coba saja..
3. Porsi Kecil tapi sering
Porsi makanan yang sedikit tapi dengan frekuensi yang sering akan lebih efektif jika dibandingkan dengan makanan dengan porsi yang besar tapi sesekali saja.
4. Ciptakan Suasana Menyenangkan
Ciptakan suasana yang menyenangkan saat makan, kamu bisa makan sambil nonton tv atau mendengarkan musik. Lakukan hal-hal yang menyenangkan bagi kamu.
5. Makan Makanan dengan kandungan energi tinggi
Saat sakit tentu terjadi penurunan energi, untuk itulah kamu perlu untuk menstabilkan energi dengan makan makanan yang memiliki kandungan energi yang tinggi. Makanan tersebut antara lain sup telur, soto daging cacah atau makanan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar