Selasa, 15 Januari 2013

BINAHONG

BINAHONG, merupakan tanaman yang tumbuh merambat. Sering digunakan sebagai gendola, tanaman yang berasal dari Korea ini ternyata sudah lama menjadi obat herbal alternative di China untuk dipakai di beberapa pengobatan tradisional.
Di Indonesia, tak banyak orang yang mengetahui khasiat tumbuhan satu ini, meskipun tampilannya hampir menyerupai tanaman daun sirih. Hampir semua bagiannya dapat digunakan untuk terapi herbal, mulai dari umbi, daun, dan batangnya.
Tetapi daunnya lah yang lebih sering digunakan, karena untuk penggunaan dan mengonsumsinya mudah. Ada yang tinggal dikeringkan kemudian di rebus lalu airnya diminum, dikunyah langsung hinggal halus, atau diblender tergantung dengan tujuan penggunaan dan penyakit yang diderita.
Selain itu daun Binahong banyak sekali khasiatnya untuk kesehatan yang berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti Muntah darah/mimisan, Kencing Manis, Sesak Nafas, Patah Tulang, Darah Rendah, Radang Ginjal, Disentri, Luka Bakar, Kelancaran Haid, Jerawat, Diabetes, Gatal-gatal, dll.
Kandungan yang terdapat di daun Binahong cukup banyak di antaranya antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein yang cukup tinggi sehingga membuatnya sangat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar