Sabtu, 26 Januari 2013

kebutuhan vitamin dalam tubuh

Ketahui Kebutuhan Vitamin Anda Setiap Hari
Tubuh Anda pasti membutuhkan asupan vitamin setiap harinya.
Irina Damayanti, Mutia Nugraheni
Selasa, 16 Februari 2010, 07:28 WIB
Minum Vitamin (doc. Corbis)
Minum Vitamin (doc. Corbis)

VIVAnews - Tubuh tidak bisa memproduksi vitamin sendiri. Untuk itu sangat penting memenuhi kebutuhan vitamin untuk tubuh setiap harinya.

Sebagus dan semahal apapun pil atau suplemen vitamin yang Anda konsumsi, bukan berarti Anda tidak perlu lagi memerlukan asupan makanan sehat. 

"Vitamin hanya berfungsi sebagai tambahan dan bukan untuk menggantikan makanan sehat," kata Jeffrey Blumberg, peneliti dari Tufts University, Boston, Amerika Serikat, seperti VIVAnews kutip dari Real Simple.

Tanpa mengonsumsi suplemen sebenarnya Anda bisa mendapatkan vitamin melalui makanan yang Anda makan setiap hari. Ketahuilah kebutuhan dan sumber vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh agar Anda tidak selalu bergantung dengan suplemen.

- Vitamin B6 and B12
Fungsi dari dua vitamin tersebut adalah menjaga peredaran darah, sistem imunitas dan saraf berfungsi baik. Kekurangan vitamin B6 dan B12 bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kebutuhan tubuh akan vitamin B6 adalah 1,3 miligram dan 2,4 mikrogra untuk B12. Untuk memenuhi kebutuhan kedua vitamin tersebut, Anda bisa mengonsumsi kacang, gandum, pisang, ayam, atau ikan.

- Vitamin C
Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas, menjaga sistem imunitas dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kebutuhan vitamin C per hari adalah antara 75 miligram hingga 200 miligram. Jika Anda memilih suplemen vitamin C sebaiknya jangan lebih dari angka tersebut. Jeruk, brokoli, bayam dan strawberi adalah beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin C.

- Vitamin D

Vitamin D berfungsi membantu tubuh menyerap kalsium dan menurunkan risiko kanker. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan osteoporosis. Kebutuhan vitamin D tergantung usia. Anak umur 4 hingga 8 tahun membutuhkan 800 miligram (mg) kalsium per hari. Remaja usia 11 hingga 18 tahun membutuhkan 1.300 mg kalsium per hari. Untuk wanita dewasa, wanita hamil dan menyusui, usia 19 hingga 50 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium per harinya. Sedangkan wanita yang berusia di atas 50 tahun membutuhkan 1.200 mg per hari. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dari sinar matahari, Anda bisa berjemur pada pagi hari antara jam 6 hingga 7 pagi. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dengan mengounsumsi ikan laut seperti tuna dan salmon.

- Vitamin E

Fungsi vitamin E saama seperti vitamin C, yakni sebagai antioksidan. Selain itu, vitamin E juga sangat baik untuk kesehatan mata dan mencegah penyakit Alzheimer. Dosis vitamin E untuk dewasa adalah 22,5 atau 15 miligram per hari. Anda bisa mendapatkan vitamin E dengan mengonsumsi alpukat, ikan salmon dan kacang-kacangan.

1 komentar:

  1. Butuh didapati pun bahwa batu ginjal lebih sering tak memberikan gejala-gejala atau tak signifikan hingga pasien diabaikan obat sakit pinggang
    Hipotiroidisme merupakan sebuah keadaan yg umumnya bakal mempengaruhi remaja. Kelenjar tiroid yg rusak dalam badan sanggup menyebabkan masalah ini. Tiroid ialah kelenjar endokrin yg terletak di daerah leher.penyebab penyakit gondok

    BalasHapus