Sabtu, 26 Januari 2013

Cara Mengatasi / Mengobati Gusi Bengkak




Cara Mengatasi Gusi Bengkak – Gusi bengkak adalah salah satu penyakit mulut yang paling sering diderita oleh kebanyakan orang. Pada umumnya ketika seseorang mengalami gusi bengkak akan diiringi dengan pendarahan pada gusi tersebut, tenang saja karena memang itu hal wajar ketika gusi anda bengkak.
Gusi Bengkak
 Nah, jika anda sedang mengalami gusi bengkak dan cukup membuat anda tak nyaman. Kali ini admin akan membahas tentang cara mengatasi gusi bengkak secara alami, jadi anda tak harus ke dokter hanya untuk mengobati gusi bengkak anda saat ini. Simak baik-baik tips berikut ini:
Menggunakan Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh sangat terkenal dengan obat untuk berbabagai macam masalah mulut seperti sakit gigi. Tak hanya itu, ternyata minyak cengkeh juga bermanfaat untuk mengobati gusi bengkak anda. Caranya sanagat mudah, cukup oleskan minyak cengkeh pada gusi anda yang bermasalah, sebaiknya gunakan 3 kali sehari setelah makan dan tetap gunakan sampai gusi anda sembuh.
Menggunakan Air Garam Hangat
Sama seperti minyak cengkeh, air garam memang sering diterapkan ketika kesehatan mulut anda bermasalah seperti ketika sakit gigi. Air garam hanya ternya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gusi bengkak anda, caranya cukup campurkan 1 sendok garam dengan 1 gelas air hangat, dan langsung dikumur-kumur. Lakukan dengan cara ini 2 kali sehari.
Pijatan Gusi
Cara ini sangatlah mudah untuk anda lakukan, caranya cukup menggunakan jari telunjuk anda. Cara memijatnya cukup menggosok gusi anda secara melingkar secara halus dan perlahan. Jika terlalu sakit, anda juga bisa memijat dengan menyentuh pipi bagian gusi bengkak anda. Pastikan jari anda dalam keadaan bersih, sehingga tak membawa bakteri lain yang mudah menginfeksi mulut anda.
Mengunakan Lemon dan Air Hangat
Cara ini juga cukup ampuh, yaitu cukup menggunakan ¼ lemon, lalu peras airnya lalu campurkan dangan ½ gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur, lakukan cara ini 2 kali sehari.
Banyak Minum Air Putih
Ketika gusi anda sedang bengkak, air liur anda akan berkurang. Untuk mengatasinya, banyaklah minum air putih. Selain itu, minum air putih dapat membersihkan mulut dan gusi anda dari bakteri.
Pilih Makanan yang Cocok
Kadang atau bahkan biasanya penyebab utama gusi bengkak karena pilihan makanan yang salah atau tak cocok untuk anda. Seperti daging, makan makanan keras, dan lainnya. usahakan untuk menghindari makanan yang dapat membuat sisanya tersangkut di celah gigi anda seperti daging, jika sudah terlanjut anda dapat mencoba mebersihkannya dengan benang gigi.
Mengkonsumsi Vitamin dan Makanan Berserat
Salah satu hal yang dapat menyebabkan gusi bengkak adalah karea kekurangan vitamin terutama kekurangan vitamin C dan anda jarang mengkonsumsi makan berserat. Cbalah mengkonsumsi buah dan sayuran hijau setiap hari dalam menu makanan anda.
Teratur Menyikat Gigi
Ini adalah cara paling ampuh untuk menghindari gusi bengkak anda, karena dengan menggosok gigi apalagi menggosoknya secara teratur dapat menghilangkan sisa makanan serta bakteri yang berada dalam mulut. Minimal, gosoklah gigi 2 kali sehari yaitu ketika sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Serta hindari menggunakan sikat gigi yang kasar, yang malah membuat gusi anda berdarah dan membengkak.
Begitulah cara mengatasi gusi bengkak, jangan lupa untuk diterapkan di kehidupan anda. Dan semoga dapat menyembuhkan dan menghindari dari gusi bengkak yang selama ini anda derita.

1 komentar: