Rabu, 23 Januari 2013

Manfaatkanlah Twitter untuk Turunkan Berat Badan

Manfaatkanlah Twitter untuk Turunkan Berat Badan

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Kamis, 24/01/2013 09:17 WIB

(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter bukan sekadar alat komunikasi penyambung silaturahim saja lho. Sebuah penelitian baru bahkan menyebut Twitter bisa menjadi kunci sukses untuk menurunkan berat badan.

Untuk pertama kalinya peneliti dari University of South Carolina’s Arnold School of Public Health memeriksa penggunaan Twitter sebagai bagian dari intervensi perilaku untuk menurunkan berat badan. Selama lebih dari enam bulan, mereka meneliti 96 pria dan wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas, yang mana semuanya memiliki smartphone atau perangkat telepon seperti tablet yang terhubung internet.

Peserta kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yang satu menerima kesehatan dwi-mingguan melalui podcast, sementara yang lain menerima podcast serta diharapkan membaca, mengepos dan memperbarui status mengenai usaha yang telah dilakukan untuk menurunkan berat badan. Secara keseluruhan, individu yang menggunakan Twitter kehilangan berat badan lebih banyak dibanding rekan mereka yang lain. Setiap 10 tweet memiliki korespondensi turunnya berat badan sebesar setengah pound.

Menurut asisten professor Arnlold School of Public Health, Brie Turner-McGrievy, keterlibatan yang lebih lanjut pada Twitter dapat memberikan keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Seperti dikutip dari Prevention, Kamis (24/1/2013), cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan melalui Twitter adalah sebagai berikut:

1. Menciptakan Kelompok Pendukung Virtual

Orang yang Anda ikuti (follow) dan orang-orang yang mengikuti (following) harus mencoba untuk menurunkan berat badan, namun Anda tidak perlu terlalu mengenal mereka. Sebaliknya, Turner-McGrievy merekomendasikan untuk mencari publikasi atau blog yang berisi konten penurunan berat badan untuk melihat apakah sang penulis memiliki Twitter atau tidak.

"Apa yang benar-benar bermanfaat adalah menemukan orang-orang yang berada pada situasi yang sama seperti Anda, yang dapat berhubungan dengan tantangan yang Anda hadapi dan dapat memberikan respon," kata Turner.

"Hingga sampai ketika seseorang mengatakan 'Hai, aku telah membaca tweet-mu sejak lama' atau sekadar mengucapkan selamat ketika batas kalori yang Anda inginkan benar-benar tercapai. Inilah yang menjadi komponen studi yang penting," imbuh Turner-McGrievy pada Prevention.

2. Pos Tweet Motivasi Anda

Twitter merupakan media sosial yang cepat dan responsif. Mengirimkan tweet baru berarti menggeser tweet Anda dan yang lain ke posisi paling bawah.

"Mendapatkan respons langsung dari orang lain merupakan hal yang tidak terlalu penting," kata Turner-McGievy.

Jika Anda ingin berolahraga hari ini, maka langsung saja tweet. Jika follower Anda memiliki komitmen yang sama seperti Anda, mereka akan menjawab dengan beberapa ungkapan penyemangat.

3. Tetaplah Aktif di Twitter

Agar follower Anda tetap mengetahui kabar Anda, tetaplah aktif di Twitter dengan memperbarui status dan memberikan respons sepanjang hari. Anda akan mengembangkan hubungan yang bermakna dengan komunitas daring Anda.

Tetaplah mengepos tweet yang memotivasi dan mendukung, memberikan pujian, empati, dan dorongan. Selain itu, cobalah tweet pelajaran yang Anda ketahui mengenai cara-cara menurunkan berat badan.

Lalu ketika selesai olahraga, kabarkan kepada orang yang mem-follow Anda. Biarkan mereka tahu usaha apa saja yang telah Anda lakukan dalam menurunkan berat badan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar