Sabtu, 26 Januari 2013

Cegah Penyakit Flu Dengan Mengkonsumsi Makanan ini

Cegah Penyakit Flu Dengan Mengkonsumsi Makanan ini

 
 
Penyakit Batuk-Pilek atau Flu , datang tidak hanya pada musim penghujan. Tetapi musim kemarau pun dikarenakan kecapekan dan badan yang kurang fit membuat banyak orang yang gampang terserang flu. Flu terjad karena adanya virus yang menyerang pada bagian sistem pernapasan, termasuk hidung, tenggorokan, cabang tenggorokan dan paru-paru. JIka terserang penyakit ini daya tahan seseorang akan melemah.

Tapi jangan khawatir, ada cara untuk mengatasi atau meminimalkan flu supaya tidak menjadi lebih parah. Cara yang paling efektif adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Makanan Sehat yang bisa mengatasi flu di antaranya adalah :
 
1. Air Putih

Minum air putih yang cukup bisa mengurangi flu yang anda derita. Selain menjaga supaya anda tidak dehidrasi, minum air putih yang cukup juga dapat mengatasi hidung tersumbat saat flu. Air merupakan pilihan yang jauh lebih baik daripada minuman berkafein yang memiliki efek diuretik dan bisa menyebabkan tubuh dehidrasi lebih cepat.

2. Teh Hijau
Belum lama ini sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Jepang , menyatakan bahwa minum 2 cangkir teh hijau tiap hari dapat mengurangi risiko penyakit hingga 70%. Zat katekin dan teanin yang terdapat dalam teh hijau merupakan antioksidan yang baik untuk mengatasi flu.

3. Sup Ayam

Sup AYam adalah makanan yang bisa juga mengatasi flu. Uap yang berasalah dari sup ayam bisa melegakan hidung yang tersumbat oleh lendir pernapasan saat anda terserang flu. Kandungan gizi pada ayam juga memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh, serta membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi pada saluran hidung dan sinus.

4. Jus Sayur
Semangkuk salad bisa juga dilakukan untuk mengatasi flu. Jus sayur juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda. Karena di dalam jus sayur kaya akan antioksidan. Hal ini adalah hal yang paling mudah untuk dikonsumsi saat anda memiliki masalah dengan pencernaan.

5. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kelebihan , mempunyai sifat antimikroba yang dapat menjaga kekebalan tubuh dan melancarkan saluran pernapasan dengan cara mencegah hidung tersumbat. Bila anda tidak bisa mengkonsumsi bawang putih secara langsung, bawang putih bisa dicampurkan di dalam masakan favorit anda.

6. Pisang
Salah satu buah yang mudah dicerna adalah pisang karena memiliki tekstur yang lembut, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan. Dan kandungan kalium yang tinggi pada pisang juga dapat membantu meringankan nyeri otot dan kram , serta bisa mengatasi flu.

7. Jahe

Jahe bisa menghangatkan tubuh anda, selain itu jahe juga dipercayan dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Jahe dapat diminum dengan cara menjadikan wedang jahe atau dengan minuman kesukaan anda lainya. Untuk hasil yang terbaik, konsumsilah jahe dalam keadaan hangat.

8. Jus Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi ,terdapat pada jeruk dan kandungan karotenoid di dalam jus jeruk adalah antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas dan efektif untuk mencegah perkembangan virus influenza dalam tubuh. Dan untuk mencegah atau mengobati flu, anda bisa minum 100% jus jeruk dan anda akan merasakan manfaatnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar