Selasa, 15 Januari 2013

Cara Mendapatkan Teman Sejati

Cara Mendapatkan Teman Sejati

 
 
Terkadang, kita sulit mengetahui apakah seseorang benar-benar merupakan teman sejati ataukah hanya berpura-pura menjadi teman kita. tetapi kita tidak akan lagi membuang waktu untuk hubungan yang tak berguna atau hubungan pertemanan yang hanya menguntungkan salah satu pihak saja.


Salah satu cara untuk mendapatkan teman sejati adalah dengan melakukan serangkaian tes seperti dibawah ini:

# Perhatian
Salah satu kriteria penting dalam menilai seorang teman adalah seberapa perhatian dia pada kehidupan kita. Coba kita ceritakan hal penting yang pernah terjadi pada kehidupan kita. kemudian kita lihat reaksinya, apakah dia terkesan cuek atau malah berusaha mencari info lebih lanjut. Perlu juga mengulangi cerita yang sama dikemudian hari untuk memastikan apakah dia masih mengingat cerita tersebut atau tidak

# Kesetiaan
Ceritakan rahasia seorang teman dekat anda dan lihatlah apakah dia berkomentar atau tidak. Seorang teman sejati mengetahui arti kepercayaan dalam sebuah hubungan. Pastikan bahwa dia tampak keberatan karena anda telah menceritakan rahasia seorang teman pada orang lain.

# Kebanggaan
Seorang teman sejati akan bangga dengan prestasi kita, bukan malah iri dengan kesuksesan yang kita raih. Lihatlah apakah dia mendatangi kita ketika kita menerima kabar baik, bukan hanya berita buruk.

# Kejujuran
Teman sejati adalah teman yang mau memberitahukan hal=hal yang tidak ingin kita dengar. Apakah dia mau mengatakan hal-hal bermanfaat untuk kita sekalipun dia tahu bahwa hal itu dapat membuat kita kecewa kepadanya?

# Penghargaan
Teman sejati akan menghormati harapan-harapan kita dan memberi kita kesempatan untuk meraihnya tanpa memaksakan keingintahuannya. Dia mungkin akan terus menyinggungnya karena tertarik, tetapi dia tidak akan serta merta dan terus menerus mendesak kita untuk menceritakannya sekarang.

# Pengorbanan
Apakah dia mau mengorbankan sesuatu jika hal itu bisa membuat kita senang? Relakah dia mengorbankan kesenangannya sendiri untuk kebahagiaan kita? Siapa yang memutuskan apa yang akan kita lakukan? apakah arti kompromi menurut dia? Ketika situasi beresiko tinggi sedang menimpa kita, kebanyakan orang akan berhamburan pergi untuk melindungi kepentingan mereka sendiri, perhatikan apa yang dia lakukan.


Bila teman kita lolos minimal 4 dari 6 poin diatas, bisa dipastikan bahwa memang dia teman sejati bagi kita. Berusahalah untuk merawat pertemanan kita dengan para teman sejati karena tidak mudah untuk mendapatkan seorang teman yang benar-benar sejati bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar