Selasa, 15 Januari 2013

Penyakit pusing yang berbahaya Perdarahan epidural

Penyakit pusing yang berbahaya Perdarahan epidural


Hari Selasa 31 Mei yang lalu, salah seorang teman dekat putri saya merasa pusing setelah menonton bola di TV hingga subuh dan dilanjutkan dengan membuka internet di komputer center ?Cinere Mal? sekitar jam 11.00 siang. Rasa mual akibat pusing membawanya menuju kamar kecil untuk muntah. Perdarahan epidural

Hari Selasa 31 Mei yang lalu, salah seorang teman dekat putri saya merasa pusing setelah menonton bola di TV hingga subuh dan dilanjutkan dengan membuka internet di komputer center ?Cinere Mal? sekitar jam 11.00 siang. Rasa mual akibat pusing membawanya menuju kamar kecil untuk muntah. Dikamar kecil pusingnya tak tertahankan lagi dan ia jatuh telentang pada belakang kepala, dan untuk sementara ia tak ingat apa-apa. Setelah sadar rasa pusingnya bertambah hebat sehingga ia tak mengenal lokasi dimana ia jatuh. Untung ia masih mampu mengingat telepon rumah , namun untuk memberi tahukan tempat ia berada terpaksa ia meminta pertolongan orang lain didekatnya.
Tiba dirumah, rasa pusingnya bertambah hebat, disertai muntah muntah dan kejang ?kejang pada jam 15.00. Segera ia dibawa ke Rumah Sakit P.K, sebuah Rumah sakit kecil dekat rumahnya, namun Rumah Sakit tersebut tidak mampu memberikan pertolongan akibat berat penyakitnya. Bagian Gawat Darurat RS P.K mencoba menghubungi beberapa RS besar yang mempunyai fasilitas C.T Scan dan bedah otak, namun menurut informasi per tilpon, semua ICU RS di Jakarta Selatan penuh. Sehingga akhirnya ia dibawa kesalah satu RS kecil di Jakarta Timur yang mempunyai fasilitas ICU, C.T Scan dan bedah saraf.
Ternyata proses pertolongan masih jauh, karena di Rumah sakit tersebut keluarga harus memberikan uang muka ICU dan uang C.T Scan sebelum dapat diterima dan ditolong sementara kesadaran penderita semakin buruk. Dari C.T Scan yang dilaksanakan jam 20.00 malam, didapatkan adanya perdarahan massif di otak besar yang telah mendorong otak kecil. Rumah sakit masih harus mempersiapkan kamar operasi dan peralatan operasi untuk operasi bedah otak sambil menghubungi dokter ahli bedah saraf sementara keluarga diminta menandatangani ijin operasi. Operasi bedah otak baru dapat dilaksanakan sekitar jam 05.00 pagi hari berikutnya, namun 5 hari kemudian penderita meninggal.
Rasa pusing adalah suatu gejala umum yang pernah diderita oleh semua orang yang dapat disebabkan oleh penyakit ringan sampai dengan berat. Pada kasus kita , faktor pusing yang timbul sebelum terjatuh diakibatkan rasa letih yang berlebihan, namun yang bersangkutan meremehkannya dan memaksakan dirinya untuk tetap melakukan aktifitas. Terjatuhnya ybs di kamar mandi dengan posisi belakang kepala menyebabkan timbulnya perdarahan otak yang hebat. Terlebih lagi terlambatnya pertolongan yang diberikan, yakni lebih dari 12 jam setelah kecelakaan akibat masalah administrasi keuangan di rumah sakit menyebabkan penderita tidak dapat ditolong lagi. Secara teoritis kedokteran seandainya operasi dilaksanakan 3-5 jam pasca kejadian, nyawa pasien kemungkinan besar dapat ditolong.
Pelajaran yang dapat kita ambil dari kasus ini adalah jangan menganggap remeh pusing yang timbul , apalagi bila pusing tersebut timbul ber-ulang atau disertai pingsan sesaat. Bila rasa pusing sangat hebat, sebaiknya kita merebahkan diri di tempat tidur / lantai atau duduk untuk menghindari terbenturnya kepala kita dengan lantai sambil mencari pertolongan segera. Bila pusing tersebut pasca benturan kepala disertai pingsan atau kejang, segera datang kerumah sakit besar yang mempunyai ICU, peralatan CT Scan dan fasilitas bedah syaraf. Sayangnya fasilitas bedah syaraf dinegara kita baik tenaga dokternya maupun peralatan operasi bedah syarafnya dan sarana pendukungnya masih sangat minim serta hanya ada dikota-kota besar. Kasus kita bahkan terjadi di Ibu Kota Indonesia yang katanya mempunyai fasilitas lengkap namun ternyata tetap mempunyai kendala birokrasi keuangan.
Tentunya untuk semua tindakan tersebut anda membutuhkan uang cukup besar kecuali bila anda ikut asuransi bonafit yang mau menanggung anda/keluarga anda. ?Hopo tumon? orang sakit berat kok diminta uang jaminan sebelum dapat ditolong.
Selamat jalan Jeffry , kami sekeluarga tetap akan mengingatmu sebagai anak yang sholeh dan punya perhatian pada semua orang, namun taqdir menentukan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar