Sabtu, 12 Januari 2013

manfaat di Balik Rasa Bosan Bekerja

manfaat di Balik Rasa Bosan Bekerja


SHUTTERSTOCK
Ilustrasi
Kompas.com – Anda sering bosan di kantor? Tidak perlu khawatir, ada hal baik yang Anda bisa peroleh dari kebosanan Anda. Sebuah studi baru mengatakan bahwa bosan di kantor dapat memicu kreativitas karena kebosanan akan memberikan waktu pada orang untuk bermimpi atau berkhayal.
Studi ini melibatkan 80 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk menyalin nomor dari buku telepon selama 15 menit. Setelah mereka menyelesaikan tugas yang membosankan itu, mereka diminta untuk menunjukkan penggunaan berbeda dengan sepasang cangkir dari styrofoam. Peserta yang sebelumnya diberi tugas menyalin nomor telepon ternyata lebih kreatif  daripada kelompok yang tidak diberi tugas tadi.
Percobaan selanjutnya, masih melibatkan dua kelompok, yang pertama diminta untuk menyalin nomor telepon dan lainnya hanya membaca nomor telepon dari buku telepon. Hasilnya, kelompok yang hanya membaca lebih kreatif dibandingkan yang menyalin.
Ini menunjukkan bahwa semakin membosankan dan pasif suatu aktivitas, seperti hanya membaca dan mendengarkan dalam rapat, justru akan menyediakan kesempatan untuk bermimpi atau berkhayal, yang membuat kreativitas Anda meningkat. Demikian kesimpulan studi yang dipublikasikan dalam pertemuan  British Psychological Society di Inggris ini.
“Kebosanan saat bekerja tidak selalu menjadi sesuatu yang harus dihilangkan, namun bisa menjadi sesuatu yang bisa kita manfaatkan untuk memicu kreativitas kita,” kata penulis studi ini Sandi Mann, dari University of Central Lancashire, Inggris, dalam rilis berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar