Selasa, 08 Januari 2013

china

Siswa China Paling Pintar Sedunia

Rifa Nadia Nurfuadah
Selasa, 08 Januari 2013 15:16 wib
Ilustrasi: siswa China sedang belajar di kelas. (Foto: news.cn)
Ilustrasi: siswa China sedang belajar di kelas. (Foto: news.cn)
JAKARTA - Kemampuan siswa menguasai materi pelajaran sejatinya bukan hanya sesuai target kurikulum, tetapi juga pada aplikasinya dalam memecahkan masalah sehari-hari. Ternyata, siswa China paling jago mengaplikasikan materi pelajaran menjadi alat pemecahan masalah, khususnya ilmu matematika.

Hal tersebut terungkap dari pemeringkatan Programme for International Student Assessment (PISA) terakhir. PISA adalah studi literasi yang bertujuan untuk meneliti secara berkala tentang kemampuan siswa usia 15 tahun (kelas III SMP dan KelasI SMA) dalam membaca (Reading Literacy), matematika (Matematika Literacy), dan sains (Scientific Literacy).
Disebutkan, siswa di Shanghai, China, mendapat skor 600 pada penilaian literasi matematika. Skor ini menempatkan mereka pada peringkat pertama. Siswa di Shanghai, China, juga mengukuhkan diri sebagai pelajar paling pintar sedunia dengan nilai tertinggi pada literasi membaca (556) dan literasi sains (575).

Studi PISA dilaksanakan oleh Organisation for Economic Co-operation & Development (OECD) dan Unesco Institute for Statistics itu mengukur kemampuan siswa pada akhir usia wajib belajar untuk mengetahui kesiapan siswa menghadapi tantangan masyarakat-pengetahuan (knowledge society) dewasa ini. Penilaian yang dilakukan dalam PISA berorientasi ke masa depan, yaitu menguji kemampuan anak muda untuk menggunakan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam menghadapi tantangan kehidupan nyata, tidak semata-mata mengukur kemampuan yang dicantumkan dalam kurikulum sekolah.

Penelitian PISA dilakukan tiga tahunan. Hasil penelitian PISA 2012 baru akan dipublikasikan pada Desember 2013 mendatang.

Berikut negara-negara yang meraih indeks baik dalam PISA 2009 seperti dikutip dari laman PISA Indonesia, Selasa (8/1/2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar