Selasa, 08 Januari 2013

mata sehat

Cara Sehat Merawat Mata (Sering Ngompasiana Masuk!)

Kita semua tau bahwa otak bekerja paling keras dalam menunjang fungsi kerja mata.
Buat kita yang sering ngompasiana pasti mata sering capek dan lelah, otomatis hal ini membuat kita menjadi sarang tempat tinggalnya mata rusak atau kerabunan.
Disini saya sebagai seorang kompasianamania yang baik, ingin membagikan cara sehat dalam merawat mata kita :D
Check this out!
  1. Membaca. Usahakanlah untuk menghindari membaca di tempat yang kurang cahaya alias gelap. Sebisa mungkin kita harus mencari cahaya yang lebih terang karena dalam keadaan gelap, mata akan berakomodasi sempurna sehingga jika kita terlalu sering membaca dalam kondisi seperti ini, mata kita akan berpotensi menjadi rabun.

  2. Menonton. Usahakanlah untuk tidak beradu mata dengan layar komputer atau layar televisi secara non-stop. Sebaiknya, tiap 1,5 - 2 jam sekali mata kita dibiarkan untuk beristirahat. Cara beristirahatnya simpel, cukup memejamkan mata selama 5-10 menit. Voila! Mata anda akan segar kembali.

  3. Pindahkan alur fokus pandangan Anda pada benda-benda jauh. Cara ini wajib dilakukan jika kita sering menatap benda dari jarak dekat contohnya : Ngompasiana, Buka kompasiana.com, buka komputer, ngomputer, reparasi jam, nonton televisi, bikin novel di kompasiana, dan lain lain. Nah Anda bisa pindahkan alur fokus pandangan Anda mengarah ke fokus yang jauh, seperti pergi ke balkon dan melihat benda benda yang berjarak jauh (jangan ngintip tapi). Hal ini ditujukan untuk memberi kesempatan lensa mata untuk dapat rileks. Tips : Anda juga bisa bangkit dari tempat duduk anda dan menggerak-gerakkan anggota badan yang kaku seperti leher dan pinggang.

  4. Pijat sekitar kening dan alis dari medial ke lateral. Lalu pijat  lembut bola mata Anda dengan bagian tebal dari telapak tangan Anda. Bagi Anda yang menggunakan lensa kontak, harus dilepaskan dulu sebelum melakukan cara ini. Oh iya, buat kalian yang ga tau medial atau lateral bisa liat gambar di bawah ini.

5. Gunakan Eye Massager. Alat ini banyak versinya. Tujuannya yah lebih kurang sama yaitu untuk mengatasi kelelahan mata dengan cara memberikan pijatan ringan pada otot-otot di sekitar mata.
6. Kompres mata. Alat ini juga mudah ditemukan di pasaran. Dengan memberikan efek dingin pada sekitar mata, maka akan memberikan efek rileks pada mata. Dan pada gilirannya, mata pun akan menjadi lebih sehat.                   Cara ini juga digunakan untuk menghilangkan kantung mata, akibat kurang tidur, mata terlalu lelah, dan sebagainya. Tapi ingat, jangan terlalu dingin kalau terlalu dingin bisa pedih cenat cenut nantinya.
7. Kompres mata dengan irisan timun atau kentang selama 10 menit dengan frekuensi setiap hari, atau 3 kali seminggu, atau seminggu sekali. Berguna untuk mengatasi mata yang lelah dan mengurangi kantung                   hitam di mata.
8. Hindari mengucek mata dengan tangan secara langsung. Gunakan tissue atau lebih baik menggunakan tetes mata yang steril. Sudah banyak obat tetes mata steril yang dijual. Biasanya optik-optik menjual tetes                     mata sebagai pengganti air mata buatan. Di apotik biasanya dijual tetes mata yang mengandung antibiotik dan beberapa mengandung kortikosteroid. Sebaiknya, cari langsung di optik.
9. Lindungi mata dari paparan cahaya matahari secara langsung. Gunakan kacamata hitam. Paparan cahaya matahari akan mempercepat proses degeneratif sel-sel mata.
10. Konsumsi buah dan sayuran. Kandungan mineral, vitamin pada buah merupakan nutrisi yang berguna untuk kecantikan mata, di samping juga bermanfaat untuk kulit dan kesehatan tubuh. Terutama, kandungan                 vitamin C pada buah atau sayur dapat membantu pembentukan kolagen yang menambah elastisitas mata.
Merawat mata dalam segi kesehatan tidak jauh berbeda dengan merawat mata dalam segi kecantikan, karena bagaimanapun kecantikan itu bersumber dari kesehatan. Maka, mata yang cantik adalah mata yang sehat. Jadi rawatlah benar-benar mata Anda.
Saya yakin dan percaya jika mata Anda sehat, bukan bukan, maksud saya, mata Kita sehat, kita pasti akan menjadi lebih bahagia dalam hidup di dunia nyata dan di dunia kompasiana. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar