Jumat, 11 Januari 2013

mengatasi susah bangun tidur

tips mengatasi susah bangun tidur

Susah bangun tidur adalah masalah yang umum di jumpai. Mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalaminya sendiri. Susah bangun tidur ada bermacam macam sebab diantaranya faktor kecapean, faktor psikologi dan kesehatan fisik. Susah bangun tidur kebanyakan disebabkan oleh kecapean dan faktor psikis karena pekerjaan berat atau pikiran yang mengganggu.
Ada beberapa cara untuk mengatasi susah bangun tidur, diantaranya adalah makan makanan yang bergizi dan cukup istirahat. Tetapi terkadng itu semua tidak cukup, apalagi bagi kita yang mempunyai rutinitas sebagai pegawai dengans egudang kegiatan monoton. Tips berikut akan menjelaskan bagaimana cara meminimalisir jika kita susah bagun tidur:
1. Jauhi tombol snooze
Tak jarang ketika alarm berbunyi, tombol snooze atau tunda ditekan dengan tujuan agar bisa melanjutkan tidurnya barang 5 atau 10 menit lagi. Namun kenyataannya, tambahan waktu tidur tidak pernah memberikan efek yang signifikan alias percuma. Agar tidak buang-buang waktu, langsung saja bangun begitu alarm berbunyi.
2. Atasi dulu pegal-pegalnya
Otot punggung sering kaku saat bangun karena selama tidur bagian ini kurang mendapat oksigen. Berikan suplai oksigen dengan cara berdiri dengan kaki agak renggang, lalu silangkan tangan di atas lepala. Semacam peregangan sebelum olahraga, tetapi difokuskan untuk otot punggung.
3. Manjakan diri
Makin bahagia, seseorang cenderung makin berenergi sehingga tidak merasa lesu atau letih saat bangun tidur. Bangkitkan kebahagiaan itu dengan cara paling menyenangkan, misalnya membaca koran pagi sambil minum teh atau menonton film kartun di TV.
4. Jauhi kopi
Efek kafein dalam kopi adalah memacu denyut jantung, sehingga tubuh terasa lebih bertenaga. Namun di sisi lain, kafein bersifat diuretik sehingga tidak bisa mengembalikan hidrasi atau kecukupan cairan yang berkurang selama tidur. Padahal, cairan sangat dibutuhkan agar badan terasa lebih bugar.
5. Putar lagu yang bersemangat
Jenis musik tertentu bisa memacu pelepasan senyawa-senyawa di otak yang akan membuat tubuh merasa nyaman dan lebih bergairah. Tidak ada patokan khusus jenis musik apa yang bisa memberikan efek semacam ini, yang penting jenis musiknya harus yang paling disukai.
6. Dinginkan tubuh
Hawa dingin di pagi hari cenderung membuat orang ingin menghangatkan diri, dengan mandi air hangat atau kembali ngulet di balik selimut. Justru kalau ingin lebih bersemangat, mandilah dengna air dingin untuk menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar