Jumat, 11 Januari 2013

obati sariawan

sariawan atau lebih dikenal sebagai stomatitis, adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut. Sariawan memang bukan penyakit yang serius atau bahkan mengancam jiwa, tetapi kondisi ini sangat mengganggu karena membuat Anda sulit untuk makan dan berbicara.

Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, terlalu banyak minum antibiotik atau minuman yang asam. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengobati sariawan, seperti dilansir healthypro.org.

1. Berkumur dengan air garam

Berkumurlah dengan air hangat yang telah dicampur garam tiga kali sehari untuk menyembuhkan luka sariawan.

2. Minum yogurt

Yogurt mengontrol keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Dengan ini, Anda bisa meningkatkan kecepatan penyembuhan dan membantu mencegah luka sariawan.

3. Berkumur dengan ramuan tradisional

Berkumurlah dengan salah satu dari beberapa ramuan tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, jus plum, minyak pohon teh dan air hangat yang dicampur garam.

4. Bawang putih dan pepaya

Mengoleskan obat langsung pada luka sariawan dapat mempercepat proses penyembuhan. Tempelkan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

5. Coba baking soda

Campurkan baking soda dan air. Kemudian gunakan sebagai obat kumur atau pasta gigi untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit.

6. Minum vitamin

Perbanyak konsumsi vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka sariawan.

Sariawan bikin mulut cenut-cenut dan sulit untuk bicara. Daripada cemberut hanya gara-gara sariawan, mending segera coba tips di atas deh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar