Selasa, 08 Januari 2013

mengisi waktu luang

Kiat Mengisi Waktu Luang Bagi Remaja

Ada satu keterangan “Sesungguhnya masa muda, waktu kosong dan kekayaan itu mendatangkan kerusakan yang besar” Memang benar, masa muda yang digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang merugikan maka akan mendorong dan menjerumuskan pemiliknya kepada kerusakan dan kehancuran. Baik kehancuran yang timbul dari dalam dirinya atau pun dari luar dirinya. Begitu juga waktu luang akan menjadi bencana bagi orang yang tidak bisa menngunakannya. Artinya ketika seseorang kosong dari kegiatan maka ia akan tergoda untuk melakukan kejahatan-kejahatan yang dibisikkan setan. Pertama kali dilakukan karena iseng untuk mengisi waktu luang namun akhirnya keterusan dan ketagihan sehingga sulit untuk melepaskan diri dari perbuatannya itu.
waktu luangDemikian juga harta kekayaan, jika tidak dimenej dengan baik dan tidak digunakan dengan cara yang benar maka kekayaan yang melimpah akan mendatangkan malapetaka yang dahsyat bagi pemiliknya. Maka sangat tepat keterangan diatas yang menjelaskn bahwa masa muda, waktu kosong dan harta kekayaan akan menyeret seseorang ke dalam lembah kehancuran dan mencampakkannya ke jurang kebinasaan. Nah, agar waktu kosong kamu tidak melompong alias tidak mempunyai manfaat maka kamu bisa merenungkan dan melaksanakan beberapa tips berikut :
1. Isilah waktu dengan kegiatan atau kerja.
Para dokter mengatakan bahwa 50 persen kebahagiaan dicapai  dengan kerja. Artinya tidak ada satu detik pun dalam kehidupan yang berlalu tanpa suatu aktifitas dan pekerjaan yang bernilai dan bermanfaat. Sebaliknya jika waktu berlalu tanpa diisi dengan aktifitas dan kerja maka kamu harus siap-siap menghadapi kecemasan, kesedihan, kemurungan, dan kekecewaan dalam hidup ini. Kamu harus pandai memanfaatkan waktu yang ada. Jangan biarkan waktu berlalu begitu saja.Sebab waktu sangat mahal harganya, bahkan tidak bisa dibel dengan uang. Kamu bisa membeli jam tangan yang paling mahal sekalipun, tapi kamu tidak akan bisa membeli satu detik yang sudah berlalu dalam hidupmu. Uang bisa dicari, tapi waktu yang sudah berlalu dan luput dari genggamanmu tanpa sebuah karya dan prestasi sangat sulit untuk dicari dan ditemukan kembali. Ada satu pepatah mengatakan ” Time lost Can’t Be Found Again” (waktu yang sudah berlalu tidak akan bisa didapatkan kembali)
2. Carilah kegiatan yang menyenangkan.
Waktu kosong biasanya adalah waktu jeda antara satu kegiatan dengan kegiatan yang lainnya. Walaupun kamu sedang istirahat, kamu harus tetap memanfaatkan waktu, tentu dengan aktifitas yang kadar keseriusannya lebih rendah. istirahat jangan dijadikan alasan untuk membiarkan waktumu terbuang percuma.
3.Gunakan waktu kosong untuk merancang kegiatan selanjutnya.
Biasanya orang yang mengeluhkan tentang kesempitan waktu adalah orang yang tidak bisa mengatur waktunya. Sesibuk apapun orang di dunia ini, tentunya memiliki jatah waktu yang sama. Justru semakin sibuk seseorang maka ia akan semakin pandai dalam mengatur dan memanfaatkan waktunya.Sebaliknya orang yang tidak memiliki kegiatan, maka sulit baginya untuk mengatur waktunya. Untuk itu gunakanlah waktu luangmu untuk menuliskan rencana-rencana yang akan kamu kerjakan  selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar